Persepsi Efektivitas Pesan Lingkungan tentang Pelestarian Hutanmelalui Instagram @lindungihutan

Authors

  • Sesarina Prasetya Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Indonesia
  • Annisa Utami Seminar Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29244/jskpm.v9i1.1259

Keywords:

Instagram, mixed method, persepsi efektivitas pesan, pesan lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi efektivitas pesan (Perceived Message Effectiveness/PEP) dari kampanye pelestarian hutan yang disampaikan melalui akun Instagram @lindungihutan. Pendekatan yang digunakan adalah sequential mixed method (QUAN→qual), dengan dominasi data kuantitatif dan pelengkap data kualitatif. Sebanyak 146 responden dilibatkan untuk menjawab kuesioner online terkait framing pesan, keterlibatan isu, persepsi risiko lingkungan, dan persepsi efektivitas pesan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa framing pesan tidak memberikan perbedaan signifikan terhadap PEP (p > 0,05), sementara keterlibatan isu dan persepsi risiko lingkungan berpengaruh signifikan (p < 0,05). Data kualitatif dari enam informan menunjukkan bahwa framing positif mendorong pemahaman kognitif, sedangkan framing negatif menimbulkan respons emosional. Keterlibatan isu dan persepsi risiko tinggi membangun efikasi diri dan dorongan bertindak. Integrasi data melalui joint matrix display memperlihatkan bahwa karakteristik psikografis memediasi persepsi pesan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada pengembangan komunikasi lingkungan berbasis media sosial serta implikasi praktis bagi desain pesan kampanye yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baig, S. A., Noar, S. M., Gottfredson, N. C., Lazard, A. J., Ribisl, K. M., & Brewer, N. T. (2020). Incremental criterion validity of message perceptions and effects perceptions in the context of anti-smoking messages. Journal of Behavioral Medicine, 43(6), 891–901. https://doi.org/10.1007/s10865-020-00163-0

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik produksi kehutanan 2021. https://bps.go.id

Cheng F, Wu CS. 2010. Debiasing the framing effect: The effect of warning and involvement. J Decis. Support Syst. 49; 328–334. [Diakses 2023 Jun 15]. https://doi.org/10.1016/j.dss.2010.04.002

CNN Indonesia. (2023, Januari 4). Pakar ungkap hubungan cuaca ekstrem dan pemanasan global. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230104090031-199-895870/pakar-ungkap-hubungan-cuaca-ekstrem-dan-pemanasan-global

Dean, A. J., & Wilson, K. A. (2023). Relationships between hope, optimism, and conservation engagement. Conservation Biology, 37(2), e14009.

Dubey, S., Meijers, M. H. C., Smit, E. G., & Smit, E. S. (2025). Talking Environment on TikTok: Messages, Social Actors, and Engagement. Environmental Communication, 1–26. https://doi.org/10.1080/17524032.2025.2453232

Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei. LP3ES.

Ficko, A. (2017). Understanding private forest owners’ conceptualisation of forest management: Evidence from a survey in seven European countries. Journal of Rural Studies, 54, 162–176. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2016.12.007

Huriartanto, A., Hamid, D., & Shanti, P. (2015). Pengaruh motivasi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian tiket pesawat (survei pada konsumen terminal tiket Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1). https://www.neliti.com/publications/86440/pengaruh-motivasi-dan-persepsi-konsumen-terhadap-keputusan-pembelian-tiket-pesaw

Jang, Y., Brewer, N. T., Gottfredson O’Shea, N., Hall, M. G., & Noar, S. M. (2025). Do Perceived Message Effectiveness Ratings Change in Response to Repeated Message Exposures? Health Communication, 1–9. https://doi.org/10.1080/10410236.2025.2466115

Kim, S., & Lee, Y. (2020). The effect of corporate social responsibility communication on consumers’ environmental risk perception, attitude, and behavioral intention on Instagram. Journal of Business Research, 110, 127–137. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.12.031

Levin, I. P., Schneider, S. L., & Gaeth, G. J. (1998). All frames are not created equal: A typology and critical analysis of framing effects. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 76(2), 149–188. https://doi.org/10.1006/obhd.1998.2804

Lu, H. (2023). Comparing the effectiveness of different consensus messages in communicating global environmental issues: The role of referent groups, emotions, and message evaluation. Journal of Environmental Psychology, 88, 102025.

Naima, K. N. (2015). Efektivitas pesan dengan fear appeals pada iklan layanan masyarakat “Berhenti menikmati rokok sebelum rokok menikmatimu” terhadap kemauan berhenti merokok dilihat dari tingkat keterlibatan perokok dengan isu kampanye (studi eksperimen pada perokok remaja di Jawa Barat) [Tesis tidak dipublikasikan, Universitas Diponegoro].

NapoleonCat. (2023). Instagram users in Indonesia. https://napoleoncat.com/stats/Instagram-users-in-indonesia/2023/01/

Oltra, C., & Sala, R. (2018). Perception of risk from air pollution and reported behaviors: A cross-sectional survey study in four cities. Journal of Risk Research, 21(2), 178–194. https://doi.org/10.1080/13669877.2016.1264446

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap keputusan pembelian online dengan mediasi brand awareness. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(4), 357–380. https://doi.org/58857-109-148902-4-10-20200629

Pew Research Center. (2018, September 5). Americans are changing their relationship with Facebook. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2018/09/05/americans-are-changing-their-relationship-with-facebook/

Raodhah, S., Adnan, Y., Amansyah, M., & Alam, S. (2023). Hubungan persepsi risiko lingkungan pandemi COVID-19 dan pengetahuan dengan kepatuhan terhadap vaksinasi dan protokol kesehatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(1), 1–10. http://journals.stikim.ac.id/index.php/jikm

Rohmalia, S. E. (2022). Pengaruh brand ambassador dan message framing terhadap trust mahasiswa dalam memilih bank syariah dengan metode penelitian eksperimen [Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri].

Rossi, L., Segerberg, A., Arminio, L., & Magnani, M. (2024). Do You See What I See? Emotional Reaction to Visual Content in the Online Debate About Climate Change. Environmental Communication, 1–19. https://doi.org/10.1080/17524032.2024.2420787

San Cornelio, G., Martorell, S., & Ardèvol, E. (2024). “My goal is to make sustainability mainstream”: emerging visual narratives on the environmental crisis on Instagram. Frontiers in Communication, 8, 1265466.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2006). Metode penelitian survei (ed. ke-1). LP3S.

Slovic, P. (1987). Perception of risk. Science, 236(4799), 280–285. https://doi.org/10.1126/science.3563507

Su, F., Song, N., Shang, H., Wang, J., & Xue, B. (2021). Effects of social capital, risk perception and awareness on environmental protection behavior. Ecosystem Health and Sustainability, 7(1). https://doi.org/10.1080/20964129.2021.1942996

Syambudi. (2020). Masalah sampah di Jogja: TPST kelebihan kapasitas terus dipaksakan. Tirto. https://tirto.id/masalah-sampah-di-jogja-tpst-kelebihan-kapasitas-terus-dipaksakan-eyjX#google_vignette

Wang, K., & Zhang, L. (2021). The impact of ecological civilization theory on university students’ pro-environmental behavior: an application of knowledge-attitude-practice theoretical model. Frontiers in Psychology, 12, 681409.

Wistar, A., Hall, M. G., Bercholz, M., & Taillie, L. S. (2022). Designing environmental messages to discourage red meat consumption: An online experiment. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(5), 2919. https://doi.org/10.3390/ijerph19052919

Xie, P., Zhang, Y., Chen, R., Lin, Z., & Lu, N. (2024). Social media’s impact on environmental awareness: a marginal treatment effect analysis of WeChat usage in China. BMC Public Health, 24(1), 3237.

Zahra, R., & Rina, N. (2018). Pengaruh celebrity endorser Hamidah Rachmayanti terhadap keputusan pembelian produk online shop Mayoutfit di kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Persepsi Efektivitas Pesan Lingkungan tentang Pelestarian Hutanmelalui Instagram @lindungihutan”, jor. sains. kom. peng. masy., vol. 9, no. 1, pp. 62–75, Jun. 2025, doi: 10.29244/jskpm.v9i1.1259.