TAHAPAN KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PROSES PENGELOLAAN WISATA UNDERWATER DESA BANGSRING (Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi)
DOI:
https://doi.org/10.29244/jskpm.v4i6.737Abstract
Komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan pengelolaan Desa wisata. Peran aktif pengelola wisata, masyarakat lokal, dan pemerintah menjadi suatu kesatuan dalam proses pengelolaan wisata. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi tahapan komunikasi partisipatif dalam proses pengelolaan desa wisata Bangsring Underwater. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif didukung data kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 responden. Mayoritas pengelola wisata Bangsring Underwater adalah laki-laki dan tergolong kedalam usia kategori dewasa. Terdapat empat indikator hubungan antara dukungan lingkungan dengan tahapan proses pengelolaan wisata Bangsring Underwater, yaitu dukungan masyarakat lokal berhubungan dengan tahap implementasi kegiatan, dukungan pemerintah dan mitra kerja berhubungan dengan tahap pemetaan isu, potensi, dan permasalahan, tahap merancang tindakan bersama, dan tahap monitoring dan evaluasi. Dukungan pemerintah dan mitra kerja tidak berupa pengalokasian dana melainkan dukungan secara fasilitas, pelatihan, dan promosi.Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.