PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIIBILITY (CSR)
DOI:
https://doi.org/10.29244/jskpm.v4i6.646Abstract
Program Koperasi Rancage merupakan program CSR dari perusahaan yang mengutamakan partisipasi dalam konsep pembangunan berkelanjutan dengan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Koperasi Rancage merupakan sebuah wadah dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat yang terena dampak atas aktivitas perusahaan. Pelaksanaan program Koperasi Rancage didasari atas partisipasi dari seluruh masyarakat sehingga program dalam berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tingkat partisipasi masyarakat terhadap efektivitas program CSR. Metode penelitian yang digunkan yaitu metode penelitian kombinasi yang mengkombinasikan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dengan metode studi kasus dengan instrument penelitian yaitu wawancara mendalam. Data kuantitatif dikumpulkan dengan metode penelitian survei dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat partisipasi masyarakat terhadap efektivitas program CSR. Hal ini disebabkan karena partisipasi merupakan aspek penting dalam penyelenggaran program CSR.Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.